7.28.2012

Mindmap for The Wedding

Saya adalah orang yang sangat amat random. Pikiran saya sering melompat-lompat kesana kemarin. Sekarang kepikiran dekor, bisa tiba-tiba kepikiran make up. Grrr. Susahnya, waktu pertama-tama mau nyiapin ini semua. Bingung mulai dari mana. Nn, sebenernya nggak bingung juga sih, soalnya once you take some times to googling about how to prepare the wedding, you'll easily get so many tips about that.

Tapi kadang membingungkan juga, karena terlalu banyak informasi, jadi bingung mau ngikutin yang mana. Tips yang itu bagus, tapi kayaknya poin di tips yang ini juga bisa ngelengkapi~, eh tapi ada lagi nih yang kategorinya cocok.  #eaaaa Been there before ;)!

Pada akhirnya, saya buka Free Mind trs bikin mind map deh. First thing first, instead of knowing what you should do first, I'd rather to see the helicopter view of my wedding-wanna-be.

Pertama,
Tentukan poin-poin utama yang perlu dipersiapkan dalam pernikahan.

Kedua,
Tulis calon vendor  dan hasil review berdasarkan survey-tanya-googling sana sini.

Ketiga,
Write down the detail^
Ini bisa termasuk ideas juga ko, sebelum fixed yang mana yang comply same rencana, keluarga dan budget wedding

Kira-kira, ketiga langkah tersebut bisa dituangkan dalam mind map seperti iniiih :



Kira-kira template nya begitu. Kamu bisa customize the node, bisa ngasih tanda berdasarkan prioritas persiapan, bisa ngasih warna bg node kalo udah fixed trs yg lain dicoret, cemacem deuh. Kalo udah bikin mind map nya, kamu bisa coba bikin checklist dalam format apapun yang cocok untuk kamu.

Here's the links :

Mind Map application : Free Mind
The Wedding Mind Map Template file (.mm) : The Wedding - mind map template

Buat yang belum pernah pake mind map, bisa googling dulu atau liat video di bawah ini. Tapi kalo males, ga usah juga ga papa sih, soalnya pasti langsung bisa kok bikinnya. Because our mind is naturally mapped, cuma ini dituangkan aja secara visual supaya konsisten dan inget. :)


After this, you will clearly see your wedding-wanne-be in one map. :)

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

1 comment:

  1. Thank you for the sharing Teh Ovie, bermanfaat banget ide mind mapnya :)

    salam kenal

    Dea
    dea-diario.blogspot.com :)

    ReplyDelete