3.14.2015

#4 Highlights of My 2013 Life (Part 2) : Melahirkan :')

Kemarin saya cerita kalo hamil itu amat sangat menyenangkan. Melahirkan? Luar biasa!

Saya adalah tipikal orang dengan toleransi terhadap rasa sakit yang tinggi. Kadang malah saya suka dengan rasa sakit yang saya rasakan. Masochist? Hmm, enggak segitunya sih. Misal nguwil-nguwilin pinggiran kuku sampe berdarah, atau nyopotin kuku sampe potel. Heuuu.

Mungkin itu sebabnya saya lebih enjoy saat hamil, karena ngerasa ketidaknyamanan yang umum dirasakan pas hamil itu adalah hal yang biasa. Saya punya toleransi terhadap itu. Maka ketika menjelang melahirkan, cukup pede, bahkan mikir, “Ah kayaknya ga sakit2 amat deeh.” :p

Pemikiran tersebut didukung oleh saya yang nggak eprnah ngerasain apa-apa sebelum bener-bener lahiran. Pernah pas HPL cek ke DSOG, pas cek janin tu pas kontraksi. 

dsog : Sambil pegang perut, “Ngerasain sesuatu nggak?”
saya : "Enggak, Dok.."
dsog : "Ini lagi kontraksi, lho~”
saya : ….. T_T

Akhirnya setelah itu saya mencoba untuk lebih sensitif terhadap ciri-ciri kontraksi yang dijelaskan oleh dsog. Jadi rajin pegang perut sambil buka contraction monitor. 

Btw, pas nunggu lahiran galauuu banget. Kalo baby blues starts from when the baby born, saya sebelum lahiran udah gitu. Huaaaaa. Nunggu lahiran sambil mewek-mewek, ngambek-ngambek kangen sama suami yang kerja di Jakarta sementara saya harus nunggu lahiran di Bogor. Lebay banget ya? Iya emang. :p

Hingga tanggal 24 September sore, 4 hari setelah HPL, flek dan langsuuung mules. Record kontraksi pake contraction monitor, kok ya rutiin. Langsung deh ke Hermina. Nganter mbahKung dulu ke rumah Om, belanja ke Indomaret dulu, nyetok cemilan. Keliatannya mau lahiran kok santai banget yaa, hahaha. Padahal itu mules pisan deuh.

Ba’da Maghrib baru berangkat dari rumah Om, sampe Hermina sekitar jam setengah 8, sempat ngantri di front desk,

petugas frondesk : "Mbak, mau ke dokter apa?"
saya : "Mau lahiran"
pf : "Sesar? ..atau, spontan?"
s : "Spontan :)" 
pf : *kaget* "Udah mules?"
s : "Ini lagi, hehe" *sambil meringis mules* 
pf : *teriak ke keamanan* "Maas, ini mau lahiraan. Pake kursi roda, anter ke atas ya"

Lebhaay si mbak, hihi. Sampe atas disuruh turun dari kursi roda sama bidan. Katanya, kalo ketuban belum pecah, banyak gerak ajaaaa. Eaa~

Langsung masuk ruang melahirkan, sholat Isya, tes CTG, masuk ruang melahirkan lagi, pesen makan, pas makan eh malah muntah. Duh, padahal belum sempet ngemil. Masih sambil wasap-an sm temen-temen, jam 08.30 suami dataaang. Horee! Langsung minta ditemenin jalan-jalan keluar. Baru beberapa langkah, kok makin muleess. Udah ga kuat jalan lagi. Akhirnya cuma stay di kasur sambil peluk-peluk suami. Rencana awal suami mau ngerekam prosesi melahirkan (halah, prosesiii :p), gagal total karena objek yang mau direkam malah maunya dipegangin dan dipeluk-peluk sama yang ngerekam. Manjaaak. :”>

Jam setengah 10 dr Budi masuk, cek pembukaan, eh katanya masih pembukaan 3. Ya Allaaah sakit kyk gini masih pembukaan 3. Katanya masih kira-kira 9 jam lagi sampe lahiran : 4 jam menuju fase cepat (pembukaan 5), 5 jam sampe pembukaan 10 (sejak tiap naik pembukaan). T_T

Dikasih standar segitu, saya mencoba relaks. Tapi kok yaaaaa sakitnya makin menjadi, makin bikin ga bisa ga tereak-tereak. Hahahaa. Yaa tereaknya sih “Allahu Akbar”, tapi tetep aja tereak-tereak. Ternyata yaa, toleransi atas rasa sakit saya, ga ngaruuuh sedikitpun sama rasa sakit melahirkan. Subhanallloooh.

Jam 11 sakit makin menjadi. Akhirnya Mama & Suami maksa bidan untuk cek pembukaan karena ngerasa udah ga wajar. Eh beneer pembukaan 8. Langsuung hebohhh semuanya, secara ruangan masih kosong. Belum pasang apa-apa, belum pasang infus juga. Dan ada 3 bumil lain yang mau melahirkan. Kata Mama, bidannya super sibuk malem itu. Para bidan lari kesana-kemari di koridor RS. Alhasil, pasang infus dalam kondisi kontraksi sehingga sempat gagal tusuk gitu. Heuu. Bidannya marahin saya yang ga bisa diem (yakaliii, sakit bangeeets kan sambil nahan kontraksi), eh suami yang biasanya kalem sabar balik marahin bidan. Uwuwuwuwuww..

Pas cek pembukaan, katanya bayinya belum turun, jadi harus miring kiri. Dan itu berarti bikin nyerinya makin kerasa. Subhanallooh. Dari jam 11 sampe jam 12, itu sakitnya sungguh nggak bisa dideskripsikan. Jam 12 cek ternyata udah pembukaan penuh. Dr Budi belum naik. Disuruh nahan ngeden karena posisi bayi belum turun juga.  Sakitnyaaa subhanalloh. Jam 12.15an dr Budi masuk ruang melahirkan dan mendadak ruangan yang tadinya penuh jeritan saya dan kepanikan yang lain berubah tenang dan melegakan. Nggak lama kemudian, alhamdulillah lahir jam 00.41, Zafran Ryanov Ferdia, panjang 51 cm, berat 3.7kg. 




Sempat panik karena Zaf pucaaat sekali. Katanya karena minum air ketuban. Setelah dibersihkan akhirnya nangis dan memerah. MasyaAllah lucuuuu sekalii. Sejak lahir hingga 1.5 jam IMD, saya belum benar-benar lihat wajahnya. Setelah itu kami dipisahkan selama 5 jam, saya ke kamar, Zaf ke perina untuk observasi. Harusnya sih saya pakai 5 jam itu untuk tidur. Nyatanya, saya nggak bisa tidur blass. I was just too excited to meet my lil boy. Then finally I met him, I couldn't believe that cute little baby is the one I've carried inside my tummy for 9 months. He was too cuteee.





Semoga Zafran jadi anak sholeh penyejuk hati dan kebanggaan Ayah Bunda, keluarga, bangsa dan agama ya sayang.. :')

2 comments:

  1. Ovieee.... Ak bacanya inih langsung kebayang waktu lahiran khanza. Udah pembukaan lengkap dr. Budi blm dtg plus diinduksi. Rasanyaaaaa... Huaaaa... Sakitnya. Dtg2 dr. Budi sempet2nya blg latihan dulu yaa.. Pdhal mah emang udh langsung lahiran. Duuhhh... Pas udh lahir bayinya, sakitnya kayak ga berasa gt.. :')

    ReplyDelete
  2. Duuuuuh baca ini masi inget jelaaaaas sakitnya ngelahirin kemarin, miriiiing kiri buuuuu miring kiriiii......eeeeeer gampang aja yak kita yg kontraksi rasanya mau pengsan haha

    ReplyDelete