3.09.2015

A Story Behind #OvieDesign

Dari keciiil selalu passionate dengan hal-hal yang berbau desain. Pernah ada satu masa dimana setiap ditanya mau jadi apa, saya selalu jawab, "Mau jadi desainer!". Berubah-rubah sih. Kadang mau jadi desainer baju, lalu ganti jadi desainer gedung/bangunan (maksudnya arsitek), dan jenis desainer lainnya.

Salah satu alasan saya menantikan Lebaran dengan semangat adalah karena biasanya Mama selalu punya agenda jahit baju baru, yang mana saya akan desain model bajunya sendirii. Kyaa! Kalo ga salah waktu itu masih kelas 2 atau 3 SD gitu, centil, sok-sok gambar model baju, trus jelasin ke penjahitnya. Kalo inget suka geli. Tapi rasanya seneeng banget pas bajunya jadi, karena yang kemarin-kemarin dibayangkan, sekarang sudah jadi kenyataan. *lebay* :))

Di waktu yang lain, sempat saya tertariik banget sama hal-hal yang berbau arsitektur. Cantik. Bagus. Rapih. Hahaha. Ga ngerti definisi lainnya sih. Sampe akhirnya pas bilang pengen masuk jurusan arsitek ke Papa, malah dijawab, "Walah, kamu tu ga cocok. Ga telaten. Gambar aja berantakan." Hiks. Langsung patah hati, sambil meng-iyakan juga sih. Hehehe.. ga kebayang kalo disuruh gambar teliti gitu. :p

Flashback dikit ke masa SMA. Waktu itu pas jaman Buku Tahunan. Singkat cerita, saya kebagian ngedesain satu halaman BUTA, pake photoshop, yang mana saat itu belum pernah make sama sekali. Bermodal pede dan installer photoshop, akhirnya dengan install, coba tools ini itu, pake sense yang belum keasah sama sekali, jadi juga. Terhuraa..

Saat itu pula, saya mulai jatuh cinta sama desain grafis. Dari duluu emang suka sih sama desain grafis, tapi sebatas mainin font pake ms Word doang. Buat bikin pengumuman-pengumuman ekskul (maklum, waktu itu ikut 7 ekskul). Huahahahahaha..

Masuk kuliah, bukannya diasah malah terlena dengan kegiatan menggoda lainnya. Ya kegiatan himpunan lah, kuliah lah (pencitraan hahahaha), naik gunung lah, nonton bareng lah, bikin film lah, dsb. Ngedesain cuma sekali dua kali. Paling bikin pamflet, atau materi mading, yang cetek-cetek lah. Oh ya, pas kuliah, suka banget sama mata kuliah 'Graphic User Interface'. Uh, sukaak banget. Kalo sekarang kuliah itu lagi, pasti jadi mrembet bahas UX deh. Uwuuww. Pas mau skripsi, sempet kepikiran mau ambil fokus tentang itu. Tapi karena satu dan lain hal, malah jadi bikin GIS pariwisata Bogor, heuu.

Lalu suatu ketika sempat kepikiran untuk fokus ke desain. Waktu itu pas kolaborasi sama calon suami untuk buat desain undangan. We were sketch from scratch, sampe akhirnya disebar. Terharuuu banget pas udah jadi. Hihihi.. Will post about it later. Balik ke desain, apa daya, kerjaan kantor ga memungkinkan untuk ngerjain side job macem ini. Heuu..

Lupa kronologisnya gimana, sampe akhirnya tahun lalu, waktu lagi ngertintis Ovie Apparel -lah, apalagi ini? :)))-, Putie minta tolong dibuatin logo. Cuma ha-he-ho doang waktu itu. Dia cuma bilang, "Viee, bikinin logo dooong. Gw suka logo loo, pokoknya bikinin yaa.." Logo yang dia suka itu maksudnya logo Ovie Apparel (sebelumnya namanya Voila!, tapi karena udah banyak dipake, jadi ganti deh). Akhirnya, dengan nyali dan skill terbatas, plus begadang-begadang karena cuma bisa ngerjain di luar jam kerja sebagai pegawai dan ibu (baca: after office hour & anak tidur :p), saya coba-coba buat logo untuk Frozen Wagyu milik si Putie ini. Alhamdulillah, langsung jatuh hati sama salah satu pilihan dari 4 draft paliiing pertama. Malah katanya ga usah diedit-edit lagi. Haha. Padahal itu karena draft, spesifikasinya masih terbatas banget. Akhirnya finishing desain cuma ngejadiin vector aja.


Project berikutnya juga project temen paling cantik, Imbang Kartika. Katanya buat usaha seafood kaki limanya. Awalnya cuma spanduk, tapi kayaknya oke kalo direbranding sekalian, dan dibuat unik supaya menarik. Hasil akhirnya kayak gini deh.


Selanjutnya, mulai muncul projects lainnya. Alhamdulillah :)..

Mostly langsung setuju dari draft pertama, kecuali klien yang mungkin waktu itu masih belum menemukan karakter yang tepat yang mau dibangun untuk usahanya tsb. Kaliiik. Hehheehe..

Berikut kira-kira preview beberapa final works untuk project lainnya.




Alhamdulillah yaa, akhirnya balik ke desain juga. Yaa walaupun saat ini profesi utama masih jadi pegawai BUMN, saya tetap punya target untuk meningkatkan skill, kualitas dan future dream untuk #OvieDesign ini, insya Allah.

Jadi, punya usaha yang butuh branding logo? Feel free to contact me! ;)



1 comment:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload music, foto-foto, video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete